Kenapa Digibank Benar-benar Membuat Saya Tertarik Membuka Rekening (Lagi)?

Dunia perbankan emang nggak ada matinya. Dari dulu jaman bank masih menyimpan lempengan-lempngan emas sampai sekarang, sektor ini terus menerus bertumbuh dan melakukan pembaharuan.

Pembaruan yang cukup menarik perhatian saya adalah apa yang dilakukan oleh Bank DBS dengan meluncurkan Digibank. Menurut saya, lompatan yang dilakukan oleh Digibank ini benar-benar mantap betul. Ini pula yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk ikut membuka rekening di Digibank. Nah, berikut adalah beberapa hal yang akan kamu temui kalau kamu memutuskan membuka rekening di Digibank :

 

Membuka antrian tanpa harus ke bank

Di bank yang saya gunakan sehari-harinya, layanan paling praktis selain ke ATM yang bisa saya gunakan hanyalah SMS Banking. Bukannya bank tersebut tidak menyediakan mobile banking ataupun internet banking, hanya saja, saya kelewat malas untuk mengantri dan mengurusnya ke cabang bank terdekat.

Kemudian Digibank hadir menawarkan pembukaan rekening hanya melalui aplikasi. Gaes, ini bener2 membuka rekening dari 0 lho. Kita benar-benar bisa membuka akun bank dengan cara cuma ngisi data-data pribadi yang dibutuhkan saja. Data-datanya seperti nama, nomor KTP, alamat lengkap dan lain sebagainya. Benar-benar kaya daftar Facebook.

Setelah data-data kita lengkap, kita bakal disamperin agen Digibank dimanapun kita berada. Tinggal janjian aja, mereka yang akan nyamperin. Ketika ketemuan, kita akan diminta scan sidik jari yang ada di jempol untuk disimpan ke dalam database mereka. Tenang, jempol tangan kok bukan jempol kaki.

Setelah dikonfirmasi, sudah jadi deh rekeningnya. Kamu tinggal menunggu kartu ATM-nya dikirim ke alamat yang sudah kamu pilih. Biasanya sih cuma 2-3 hari kerja saja, nggak sampai sewindu.

 

Layanan chat 24 jam

Ketika datang ke bank, biasanya saya akan sepenuhnya patuh sama teller bank mengenai apa-apa yang harus dilakukan. Untuk bisa menemui teller, saya harus tanya dulu ke satpam mengenai apa-apa yang harus saya siapkan. Bahkan untuk mencapai bank tersebut, saya harus tanya dulu ke orang-orang yang pernah melakukan hal yang sama, di bank tersebut, biar tau gambaran detail mengenai apa yang harus saya pahami.

Sebegitu besar ketergantungan saya sama orang-orang yang lebih mengerti mengenai transaksi perbankan….

Lalu bagaimana dengan Digibank yang memungkinkan kita untuk tidak bertemu siapapun sejak membuka rekening sampai mengurus transaksi bank? Mereka ternyata menjawab permasalahan tersebut dengan cerdas. Dalam hal ini, benar-benar cerdas secara harfiah.

Sebagai nasabah, di dalam aplikasi tersebut sudah disertakan sebuah layanan chatting yang telah dibekali kecerdasan buatan. Kecerdasan tersebut lah yang akan menjawab pertanyaan kita 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa berupa permasalahan kita saat melakukan pendaftaran, kendala yang dialami ketika bertransaksi, sampai ATM terdekat yang ada di sekitar kita. Sebegitu cerdasnya, buos.

Namun meskipun chatbot ini selalu menjawab pertanyaanmu kapanpun dan dimanapun, jangan pernah berpikir buat curhat sama dia ya. Plis, jangan segitunya ah.

 

Tarik tunai & transfer : GRATIS

Salah satu pertimbangan orang memilih bank adalah ketersediaan ATM serta banyak tidaknya relasi yang menggunakan bank tersebut. Wajar dong, karena kita tidak mau dibebani biaya tarik tunai di ATM berbeda maupun biaya transfer yang cukup terasa.

Nah, lagi-lagi Digibank menyelesaikan permasalahan tersebut dengan benar-benar solutif. Kita bisa tarik tunai di ATM manapun tanpa ada biaya tambahan. Selama terdapat logo Visa, atau Mastercard, atau logo-logo yang menunjukkan bahwa itu adalah ATM Universal, maka semua ATM bank itu adalah milik kita.

Ini tentu akan menghemat waktu kita berjam-jam buat keliling kota untuk sekadar mencari ATM yang disediakan oleh bank yang kita gunakan sebelumnya. Belum ditambah kalau antriannya banyak.

Selain itu, Digibank juga mengijinkan transfer ke bank manapun tanpa adanya biaya-biaya tambahan. 100% gratis. Padahal namanya bank ya, tentu bisa aja jadi tajir melintir hanya lewat potongan transfer ke luar bank tersebut. Tapi nyatanya hal ini tidak dilakukan oleh Digibank, dan tentu saja membuat nasabah bahagia.

 

100% Aman

Kok membuka rekening sampai bertransaksi di Digibank sebegitu mudahnya, apa aman?

Mungkin itu yang terngiang-ngiang di sudut kepalamu ya. Kalau soal keamanan tentu saja, hampir semua bank telah menjamin keamanannya.

Termasuk Digibank yang telah menggunakan sistem keamanan paling mutakhir. Kalau di bank-bank lain, kita masih dituntut untuk selalu membawa hard token, yang bentuknya seperti kalkulator kecil dengan fungsi sebagai generator kode keamanan. Maka, di Digibank ini mereka menggunakan soft token yang tentu saja tidak akan meribeti kantong kita.

Digibank juga sudah menggunakan standar keamanan yang telah ditetapkan oleh OJK serta menggunakan 2 lapis otentifikasi. Pantas saja jika kemudian gelar “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance berhasil diperolehnya selama tujuh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga tahun 2015.

Sehingga daripada mengkhawatirkan keamanan Digibank dalam menjaga keuangan dan transaksi, mending kamu lebih mengkhawatirkan siapa yang nantinya akan mengisi rekeningmu…..

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *